Posted on

Mengapa Makan Malam Bersama Keluarga Itu Penting, Ketahui Keuntungannya

BETAPAPUN sibuknya Anda sebagai orangtua yang mungkin kedua-keduanya sama-sama aktif beraktifitas di luar rumah, sebaiknya jangan pernah sepelekan pentingnya makan malam bersama keluarga.

Berkumpul di dikala makan malam bersama keluarga ialah moment Istimewa dan memang sebaiknya ini hendaknya menjadi acara rutin yang sayang untuk dilewatkan. Tak harus selalu setiap malam, namun tak juga jarang-jarang amat.

Dalam sebuah ulasannya, Direktur Program Terapi Keluarga dan Pasangan di Rumah Sakit Umum Massachusetts Anne K. Fishel, Ph.D, mengemukakan pengaruh positif dari kebiasaan tersebut.

Ilustrasi/ Unsplash

Anne menyampaikan selama 20 tahun terakhir, ibarat dikutip Washington Post, bahwa lusinan penelitian telah mengkonfirmasi apa yang telah usang diketahui orang bau tanah secara intuitif: Duduk untuk makan malam bersama setiap malam baik untuk jiwa, otak, dan tubuh.

Pendiri The Family Dinner Project ini mengemukakan bahwa banyak penelitian memperlihatkan bahwa makan malam bersama sanggup membangun keterikatan pada banyak sikap remaja yang orangtua doakan: mengurangi tingkat penyalahgunaan zat, gangguan makan dan depresi; dan nilai rata-rata kelas yang lebih tinggi dan harga diri.

“Untuk anak kecil, percakapan di meja makan dikala makan malam bersama sanggup merangsang penambahan kosakata yang lebih besar bagi anak daripada membaca dengan keras untuk mereka,” kata Anne ibarat dikutip laman Parenting. 

Profesor psikologi di Harvard Medical School lantas menceritakan pengalaman pribadinya membangun tradisi baik tersebut dalam keluarganya.

Sebagai seorang ibu yang juga mempunyai seabreg pekerjaan sebagai perempuan karir, Anne mengaku telah berguru melalui trial and error dengan dua putra dan suaminya dalam merawat kegiatan tersebut.

Sebagai terapis keluarga, Anne juga banyak berinteraksi dan bertanya kepada setiap keluarga ihwal momen makan malam mereka. Dan, 7 perihal berkut ini ialah hal yang telah pelajari Anne:

1. Tidak harus setiap hari.

Anda tidak harus makan malam setiap malam untuk memetik manfaatnya. Kegiatan kumpul bareng keluarga sanggup dilakukan dikala sedang sarapan, makan siang final pekan, menyantap masakan ringan yang dibawa pulang di malam hari, atau kombinasi dari ini.

Dan tidak tidak juga harus menentukan acara tertentu. Intinya ialah untuk membuat kesepakatan untuk makan keluarga di mana semua anggota keluarga duduk untuk mengembangkan makanan, bersenang-senang dan berbicara ihwal hal-hal yang penting.

2. Bekreasi bersama dengan sajian yang akan disajikan

Dengan begitu banyak permainan kini yang sanggup dilakukan secara online, orang remaja dan bawah umur karenanya tanpa disadarinya kehilangan kesempatan untuk bermain dengan objek aktual yang sanggup disentuh, dibaui dan diubah.

Jadi, untuk menghilangkan kejenuhan tersebut, bermainlah bersama dalam momentum makan bersama. Memasak ialah kegiatan yang  melibatkan indra dan tangan kita, dan itu ialah sesuatu yang sanggup kita lakukan bersama. Hal inilah yang dilakukan Anne bersama keluarganya.

“Anda sanggup mengatur salad dan membuat semua orang menentukan sayuran untuk membuat sajian masakan sebentuk wajah, pohon dan mobil. Bermainlah dengan rasa dengan memasukkan rasa atau bumbu gres dan meminta semua orang untuk menebak bahan-bahannya,” saran Anne.

3. Cobalah lakukan beberapa hal ini

Jadwal kerja orangtua yang padat dan di waktu yang sama anak anak juga sibuk mengikuti kegiatan eksrakurikuler, tentu program makan bersama ini sedikit terkendala. Namun bahu-membahu kegiatan itu sangat sanggup dilakukan untuk makan malam.

Seluruh proses memasak dan makan bersama hanya membutuhkan waktu satu jam (kurang dari 30 menit untuk memasak dan rata-rata makan ialah 22 menit *), dan jam itu bersifat transformatif.

Jika kita masih mematers sayuran, memainkan alat untuk hiburan kita dan berjejer di teras depan, kita mungkin tidak membutuhkan makan malam keluarga, tetapi ini ialah waktu yang paling sanggup dipercaya hari itu yang harus kita hubungkan dengan satu sama lain.

Nah, ketika bawah umur merasa terhubung dengan orang bau tanah mereka, itu ibarat sabuk pengaman di jalan berlubang masa kanak-kanak.

4. Cobalah acara gres dan mengembangkan talenta.

Makan malam sanggup menjadi momen yang manis untuk mencoba hal-hal baru. Makan malam keluarga ibarat pertunjukan teater improvisasi.

Keluarga muncul malam demi malam, dan sebagai kelompok mereka sanggup mencoba cara-cara gres berinteraksi satu sama lain. Atau, sikap satu anggota sanggup memicu riak orang lain.

Misalnya, sebuah keluarga mungkin oke untuk tidak membuat komentar negatif di meja dan melihat apa yang terjadi. Atau, seorang remaja mungkin diundang untuk membuat makan malam keluarga atau untuk membuat soundtrack musik untuk makan.

5. Bagikan riwayat keluarga Anda.

Meja makan malam ialah daerah terbaik untuk menceritakan kisah, dan bawah umur yang tahu dongeng keluarga mereka lebih tangguh dan merasa lebih baik ihwal diri mereka sendiri.

Yang paling menginspirasi ialah dongeng limun dari lemon, dongeng ihwal kesulitan di mana pelajaran dipelajari, atau tragedi negatif yang bermetamorfosis sesuatu yang baik.

Cerita membantu kita memahami dunia, dan mereka membantu bawah umur terhubung dengan sesuatu yang lebih besar dari diri mereka sendiri.

Ceritakan kisah ihwal diri Anda dan anggota keluarga lainnya ketika mereka seumuran dengan bawah umur Anda. Ceritakan kisah ihwal pengalaman masa kecil, pekerjaan pertama, imigrasi, bagaimana nama-nama dipilih, binatang peliharaan masa kecil, resep favorit, atau resep dapur.

6. Tetap terhubung.

Percakapan meja ialah salah satu pengalaman bahasa terkaya yang sanggup Anda berikan untuk bawah umur Anda. Kapan lagi kita duduk dan berbicara selama beberapa menit, menyampaikan banyak komentar dan klarifikasi ihwal satu topik?

Coba usikan pertanyaan ihwal aktifitas bawah umur selama seharuan tadi, “Bagaimana harimu?” Misalnya, mintalah setiap orang untuk menceritakan mawar (sesuatu yang positif) dan duri (sesuatu yang negatif) ihwal hari itu, serta kuncup (apa yang Anda inginkan akan terjadi besok).

7. Ini baik untuk Anda juga.

Ritual ibarat makan malam, yang menekankan dunia yang sering terasa hiruk pikuk dan di luar kendali, juga baik untuk orang dewasa. Mengetahui bahwa satu bab dari hari Anda akan terungkap intinya dengan cara yang sama, hari demi hari, terasa nyaman.

Anne mengatakan, makan malam lebih dari sekedar memberi makan. Makanan akan membawa keluarga ke meja, tetapi itu ialah percakapan dan dongeng yang membuat kita tetap di sana.

Dalam satu jam, Anda sanggup membuat kenyamanan, kesenangan, bermain, dan percakapan yang bermakna dalam satu waktu momen makan malam bersama keluarga.

NURSELINAWATI